Redakan Batuk & Pilek Si Kecil Dengan Cara Alami

05/05/2017

Redakan Batuk & Pilek Si Kecil Dengan Cara Alami

Daya tahan tubuh si Kecil yang belum sekuat orang dewasa, tentu membuat si Kecil lebih rentan terhadap serangan berbagai virus dan bakteri. Salah satu penyakit yang paling sering diderita oleh si Kecil adalah influenza yang disebabkan oleh virus influenza dan biasanya ditandai dengan gejala batuk, pilek dan sakit kepala. Influenza sendiri sebenarnya termasuk ke dalam self-limiting disease yang artinya penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya saat daya tahan tubuh penderita semakin membaik.

Walaupun begitu, penyakit influenza ini sering membuat si Kecil menjadi lebih rewel dari biasanya karena hidung yang tersumbat oleh pilek, membuatnya sulit bernafas dan sulit tidur. Sementara untuk si Kecil yang berusia di bawah 2 tahun pun, kita tidak boleh sembarangan memberinya obat-obatan. Sehingga penanganan dan pengobatan dengan cara alami sebaiknya menjadi pilihan pertama pengobatan saat si Kecil mengalami gejala influenza.

Nah ketika si Kecil mulai menunjukkan gejala influenza, lakukan hal-hal berikut ini yuk Bu untuk membuatnya merasa lebih nyaman:

1. Jemur si Kecil di bawah sinar matahari pagi, antara pukul 6.30 s/d 08.00 untuk membantu mengencerkan dahak. Pada si Kecil yang masih bayi, mulailah dengan menjemur bagian dadanya +/- 5 s/d 10 menit, lalu bagian punggungnya +/- 5 s/d 10 menit sambil ditepuk-tepuk lembut dengan jari.
2. Letakkan semangkuk air panas yang sudah ditetesi minyak esensial, misalnya menthol atau minyak telon di pojok ruangan, sehingga si Kecil bisa menghirup uapnya.
3. Gunakan kapas yang dibasahi dengan air hangat untuk membersihkan cairan hidung atau lendir yang mengeras pada hidung si Kecil.
4. Tetap berikan ASI untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuhnya sehingga mempercepat proses penyembuhannya.
5. Pastikan tangan Ibu selalu bersih saat merawat si Kecil yang sedang pilek
6. Untuk membantu membuat si Kecil merasa nyaman dan melegakan pernafasannya, oleskan Transpulmin BB Balsam yang mengandung ekstrak bunga Chamomile dan Eucalyptol oil di bagian leher, punggung dan dada si Kecil.

Jadi saat si Kecil batuk dan pilek karena gejala flu, hindari terburu-buru memberikannya obat ya Bu 🙂

Kembali ke Kumpulan Artikel