Tips Siap saat Si Kecil Sakit

November 15, 2018

Perasaan sedih dan cemas memang wajar ibu rasakan saat Si Kecil sakit, terlepas dari sakit apapun yang dideritanya. Namun, sebagai orang tua kita juga tidak boleh hilang kendali jika perasaan tersebut muncul.

Penanganan yang cepat dan tepat memang dibutuhkan anak saat sakit. Tapi tahukah ibu sebenarnya ada sesuatu yang paling dibutuhkan Si Kecil saat sakit selain obat? Ya, kehadiran ibu. Saat Si Kecil sakit, perhatian dan kasih sayang ibu mampu membuatnya merasa lebih kuat.

Lalu bagaimana ibu mengantisipasi rasa panik sehingga menjadi lebih siap menemani Si Kecil saat sakit? Ini dia tipsnya.

  1. Tenangkan diri

Kita mulai dari hal yang simple seperti batuk pilek. Di kondisi anak batuk pilek ibu diharap tidak panik. Karena jika ibu panik, ini membuat anak semakin tidak tenang. Atau pada saat ibu panik, reaksi ibu akan menjadi tergesa-gesa. Akhirnya anak yang tadinya ingin relaks malah menjadi tidak relaks.

Solusi untuk menenangkan diri adalah dengan Breathing. Ini merupakan teknik olah nafas. Tipsnya jika ingin Breathing lebih cepat, lakukan Breathing dengan nafas perut. Karena jika kita sedang panik, nafas kita akan semakin pendek dan melakukan Breathing dengan nafas dari dada akan membuat terasa sesak. Itu sebabnya Breathing harus lewat perut.

  1. Mencari suasana segar

Ibu boleh untuk sejenak mencari suasana yang segar. Tapi bukan berarti ibu meninggalkan SI Kecil. Misalnya saat anak pilek batuk dan ibu merasa panik sekali, cobalah ke ruang yang lebih segar. Tidak perlu lama, cukup 5 menit saja.  Tujuannya agar ibu merasa relaks.

  1. Berikan energi positif

Ibu perlu memberikan energi positif ke diri sendiri dengan kata-kata. Misalnya, ibu berkata dalam hati “Semua baik-baik saja, gapapa kok, anak ku juga masih aktif”. Karena kalau ibu melihat Si Kecil tenang dan tersugesti oleh ibu, otomatis itu akan menempel pada ibu.

Gimana bu, apakah ibu merasa lebih tenang? Saat anak mengalami pilek batuk, balurkan Transpulmin kemasan BARU di bagian dada, punggung, dan leher. Transpulmin kini tersedia dalam dua varian. Transpulmin Baby untuk anak usia 0 bulan – 2 tahun. Transpulmin Kids untuk anak usia 2 tahun ke atas. Selama lebih dari 30 tahun, Transpulmin efektif meredakan gejala pilek, batuk, dan Flu Si Kecil.

Kembali ke Kumpulan Artikel