Tiga hal yang Sebaiknya Ibu Hindari saat Si Kecil Sakit

November 21, 2018

Faktor yang membuat Si Kecil cepat sembuh dari pilek batuk atau sakit lainnya bukan hanya berasal dari kekuatan tubuh Si Kecil atau obat. Peran Ibu juga dapat mempercepat penyembuhan Si Kecil.

Namun, tidak bisa dipungkiri ya bu rasa cemas melihat Si Kecil yang sakit itu memang ada. Tapi jangan sampai rasa cemas itu membuat ibu tidak siap untuk menghadapi Si Kecil yang sedang sakit.

Menurut psikolog Tara de Thouars ada tiga sikap yang biasanya terjadi dan sebaiknya ibu hindari agar anak tetap kuat dan cepat sembuh melawan sakitnya. Apa saja itu?

  1. Rasa ketidakmampuan

ketika ibu melihat Si Kecil sakit, ibu ingin sekali melakukan sesuatu tapi tidak tau harus berbuat apa. Yang ibu rasakan bisa saja seperti, “Aku gak mampu, aku bukan dokter”. Jadi semakin ibu merasa tidak mampu, semakin membuat ibu panik.

  1. Cemas berlebih

Kondisi ini sering dialami oleh para ibu. Sebetulnya apa yang membuat ibu cemas? Karena ibu sudah memprediksi/ membayangkan the worst scenario ketika Si Kecil sakit. Contohnya, saat badannya panas, ibu membuat dugaan “wah ini pasti demam berdarah, wah ini pasti TBC.” Dan segala macamnya.

  1. Rasa bersalah

Perasaan bersalah ini maksudnya ketika Si Kecil sakit, yang ibu pikirkan adalah memikirkan penyebab sakitnya. Misalnya, “Aku ngapain ya? Apa yang terlewat ya? Apa yang aku kasih ke anak ya?”.

Kemudian muncul perasaan menyalahkan, seperti “Tuh kan kemarin karena aku ajak ke mall, tuh kan ini gara-gara aku kasih air es, tuh kan ini karena aku kasih es krim, tuh kan aku kasih permen.” Dan seterusnya. Jadi perasaan bersalah itu membuat kita merasa harus melakukan sesuatu untuk menutupi rasa bersalah ibu.

Sebenarnya yang terjadi pada saat ibu panik, ibu malah kehilangan action yang seharusnya diberikan kepada Si Kecil. Sehingga ibu tetap merasa tidak tenang dan Si Kecil tidak mendapat penanganan yang seharusnya.

Ibu pasti bisa menangani Si Kecil saat dia sedang sakit. Saat SI Kecil dilanda pilek batuk, balurkan Transpulmin kemasan BARU di bagian dada, punggung, dan leher. Transpulmin kini tersedia dalam dua varian. Transpulmin Baby untuk anak usia 0 bulan – 2 tahun. Transpulmin Kids untuk anak usia 2 tahun ke atas. Salam lebih dari 30 tahun, Transpulmin efektif meredakan gejala pilek, batuk, dan Flu Si Kecil.

Kembali ke Kumpulan Artikel