Si Kecil Batuk Pilek Lagi, Batuk Pilek Lagi

September 21, 2018

Batuk merupakan suatu reaksi dari sistem pertahanan tubuh terhadap zat maupun benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Sedangkan pilek merupakan infeksi ringan di dalam rongga hidung, tenggorokan, saluran sinus, dan juga biasanya terdapat di dalam saluran pernapasan sebelah atas yang disebabkan oleh serangan dari virus, misalnya virus influenza.

Daya tahan tubuh yang lemah sering menjadi penyebab seseorang dengan mudah terkena virus influenza. Karenanya tidak heran jika si Kecil dengan daya tahan tubuh yang belum sekuat orang dewasa, sering mengalami batuk pilek secara berulang. Kira-kira apa penyebabnya ya Bu? Nah mungkin salah satu hal ini menjadi penyebab batuk pilek berulang yang dialami oleh si Kecil.

• Alergi
Batuk pilek berulang bisa disebabkan karena alergi yang dipicu oleh faktor pencetusnya, misalnya udara, bulu hewan, debu, asap dan lain-lain. Untuk mencegah batuk pilek karena alergi, maka penting untuk menghindari faktor pencetus alerginya.

• Infeksi
Penyebab utamanya adalah virus. Namun bila disebabkan oleh virus, maka batuk pilek bisa sembuh dengan sendirinya.

• Gejala awal bronchitis
Bronchitis merupakan kelainan pada saluran napas yang ditandai dengan adanya bunyi napas penuh lendir, seperti bunyi ‘grok-grok’, bisa terdengar di bagian dada maupun punggung.
Jika si Kecil mengalami batuk pilek lebih dari sekali dalam satu bulan, sebaiknya dikonsultasikan kepada Dokter ya Bu.

Kembali ke Kumpulan Artikel