Perlukah Bayi Mandi 2 x Sehari?

October 12, 2017

Tidak seperti kulit orang dewasa, perlukah Bayi Mandi 2 x Sehari? kulit bayi-bayi, terutama bayi yang baru lahir, memiliki kulit yang masih sangat sensitif sehingga mudah mengalami iritasi. Itulah sebabnya mengapa pada bulan-bulan awal kelahirannya, si Kecil sering mengalami masalah yang berkaitan dengan kulit. Misalnya kulit kering, ruam popok, gatal dan lain-lain. Karena itu, kita pun mesti sangat berhati-hati sekali dalam memilih berbagai produk perawatan untuk si Kecil, termasuk juga dalam memandikannya.

Umumnya kita mandi minimal 2 x sehari, atau bahkan lebih ketika cuaca panas di musim kemarau. Namun untuk si Kecil yang baru lahir, perlukah kita memandikannya 2 x sehari? Ternyata tidak perlu, lho Bu. Memandikan si Kecil terlalu sering justu dapat menyebabkan kulitnya menjadi kering. Jika Ibu ingin memandikannya, pastikan durasi mandinya tidak terlalu lama dan tidak menggunakan air yang terlalu panas. Selain itu, pilihlah sabun khusus bayi dengan pH yang memang sesuai dengan kulit bayi.

Pada si Kecil yang memang kulitnya sudah kering, cukup mandikan ia 2 hari sekali saja, Tidak seperti kulit orang dewasa, kulit bayi-bayi, terutama bayi yang baru lahir, memiliki kulit yang masih sangat sensitif sehingga mudah mengalami iritasi.. Jika si Kecil tampak tidak nyaman, gunakan kain lap yang sudah dibasahi air suam-suam kuku untuk melap tubuhnya. Jangan lupa, teteskan baby oil ke dalam air mandinya. Ini akan membantu melembabkan kulit si Kecil yang kering. Jika kulit si Kecil tampak sangat kering, sebaiknya hindari pemakaian kosmetik untuk kulit si Kecil yang sebenarnya kurang perlu, misalnya baby cologne. Supaya si Kecil tetap hangat dan nyaman di malam hari, jangan lupa oleskan Transpulmin BB Balsam di bagian dada, punggung dan leher si Kecil ya Bu

 

 

 

Kembali ke Kumpulan Artikel