Mengapa Antibiotik Wajib Dihabiskan?

November 16, 2018

Tentu ibu sudah tahu ya, kalau Antibiotik bukanlah solusi satu-satunya saat Si Kecil mengalami pilek batuk. Karena pilek batuk tergolong dalam penyakit yang dapat sembuh sendiri dengan kekuatan antibodi dalam tubuh.

Wajar jika Si Kecil bisa terserang pilek batuk hingga 6 – 8 kali dalam satu tahun. Mengapa? Karena sistem pertahan tubuh dalam tubuhnya sedang berkenalan dengan virus yang ada di luar. Penyebab pilek batuk pada Si Kecil paling sering karena virus, tapi bisa juga karena bakteri.

Namun, jika dalam keadaan tertentu ibu memberikan antibiotik untuk Si Kecil, pastikan antibiotik itu dikonsumsi sampai tuntas. Penjelasan dari dr. Dimple Nagrani Sp.A menyatakan penggunaan antibiotik tidak hanya sebatas sampai Si Kecil sembuh. Karena antibiotik tidak hanya membunuh kuman jahat yang ada di tubuh, tapi juga membunuh kuman baik.

Kebanyakan antibiotik diberikan untuk jangka waktu 3 – 5 hari penggunaan. Aturan penggunaan ini juga ada fungsinya. Agar semua kuman benar-benar dilemahkan hingga mati, jadi benar-benar tidak ada kuman lagi.

Jika anak mengalami gejala pilek batuk, balurkan Transpulmin kemasan BARU di bagian dada, punggung, dan leher. Transpulmin kini tersedia dalam dua varian. Transpulmin Baby untuk anak usia 0 bulan – 2 tahun. Transpulmin Kids untuk anak usia 2 tahun ke atas. Selama lebih dari 30 tahun, Transpulmin efektif meredakan gejala pilek, batuk, dan Flu Si Kecil.

Kembali ke Kumpulan Artikel