Membuat Bayi Mudah Tidur Di Malam Hari

November 8, 2018

Rutinitas seorang ibu memang bukan tugas yang ringan. Tidak hanya mengurus Si kecil, ibu tentu juga harus mengurus keperluan lain seperti mengurus kebutuhan rumah tangga atau ibu juga tetap beraktifitas kerja di kantor. Setelah lelah beraktifitas seharian, di malam hari ibu tentu juga butuh istirahat yang cukup ya, agar stamina tetap fit untuk keesokan harinya.

Namun, bagi ibu yang masih memiliki bayi seringkali waktu istirahat ibu kurang teratur karena Si Kecil yang masih bayi sulit tidur di malam hari, padahal ibu sudah merasa butuh istirahat. Dalam satu hari bayi menghabiskan 18 jam untuk tidur. Namun, bayi belum bisa membedakan siang dan malam. Maka agar ibu tetap bisa istirahat cukup di malam hari, ibu perlu membiasakan bayi tidur malam lebih banyak daripada siang.

Lalu bagaimana ya caranya agar pada malam hari bayi tetap bisa tidur nyenyak sampai pagi? Ibu perlu memberikan rutinitas yang sama di tiap malam, agar bayi merasa ada sinyal bahwa itu merupakan waktunya untuk tidur. Berikut adalah rutinitas yang bisa ibu lakukan:

  1. Membuat jadwal tidur dan membatasi asupan makanan

Mulailah membuat jadwal tidur bayi. Lakukan persiapan rutin agar bayi mengerti bahwa waktu tidur segera tiba. Sebelum tidur dimalam hari, persiapkan makan malam, mandi dengan air hangat, memakaikan baju khusus tidur, atau berikan bayi cerita. Tujuan memberi makan sebelum tidur adalah agar bayi tidak merasa kelaparan saat tidur, jadi hindari memberi makan secara berlebihan saat bayi ingin tidur ya bu.

  1. Menghadirkan suasana yang berbeda

Pada saat bayi tidur di siang hari, usahakan lingkungan sekitar bayi tidak sunyi senyap. Ibu cukup beraktifitas seperti biasa di rumah. Bangunkan Si Kecil jika tidur siangnya sudah melebihi 2 jam. Sebaliknya, saat di malam hari usahakan agar ruangan sesunyi mungkin.

  1. Atur penerangan kamar

Saat ingin tidur di malam hari, usahakan kamar dalam keadaan redup. Cahaya dapat berdampak kepada irama sirkadian tubuh, yaitu siklus kita untuk tidur dan bangun secara alami. Kamar yang gelap dapat mempengaruhi produksi melatonin, yaitu hormon yang membantu siklus tidur.

  1. Letakkan bayi di tempat tidur

Bila bayi sudah memperlihatkan tanda-tanda mengantuk seperti menguap, menggosok-gosok mata, dan mata tampak berat segera bawa Si Kecil ke tempat tidur. Hindari berkontak mata dengannya dalam waktu yang lama. Karena itu membuatnya ingin berinteraksi dengan ibu. Posisikan bayi tidur dengan punggung berada di kasur. Hindari bayi tidur tengkurap atau bertopang pada perut, karena berisiko sindrom kematian mendadak.

  1. Pijat Bayi

Pijatan dapat membuat  bayi merasa nyaman dan relaks. Sebelum tidur pijatlah bagian lengan, tangan, kaki, wajah, dan perut. Pijat cukup ibu berikan selama 10 – 15 menit saja.

Agar Si Kecil merasa lebih relaks saat pijat bayi, balurkan Transpulmin kemasan BARU. Tampil dengan kemasan lebih ceria, memiliki khasiat yang tetap sama untuk meredakan pilek batuk dan dapat digunakan untuk pijat bayi. kini Transpulmin hadir dengan dua kemasan baru, Transpulmin Baby untuk anak dibawah usia 2 tahun, dan Transpulmin Kids untuk anak diatas 2 tahun. Terbuat dari bahan-bahan alami, Transpulmin dapat digunakan untuk  anak dan direkomendasikan oleh para ahli kesehatan. Tersedia di berbagai apotek, toko obat, baby shop serta di berbagai online store.

Jadi pastikan #SelaluAdaTranspulmin untuk membantu melegakan nafasnya dan mengembalikan ceria si Kecil ya Bu

Kembali ke Kumpulan Artikel