Kini Ibu Lebih Siap Jadi “Dokter” di Rumah

October 16, 2018

Hampir seluruh ibu di Indonesia memiliki permasalahan yang sama terhadap buah hatinya. Yaitu khawatir sekali menghadapi Si Kecil yang sedang sakit, walaupun sakit yang dideritanya tidak parah. Untuk membuat para ibu semakin siap menjaga Si Kecil saat sakit, Transpulmin bersama Mommies Daily menggelar event Kids 911 Survival Kits, pada Sabtu, 13 Oktober 2018. Berlokasi di Nolita Caffe, Pondok Indah.

Event ini diisi dengan sesi talkshow bersama dokter anak, dr. Dimple Nagrani Sp.A dan psikolog, Tara de Thouars, BA, Psi. Kedua pembicara ahli ini mengedukasi para ibu untuk menjadi “dokter” pertama yang mampu menangani Si Kecil saat kesehatannya terganggu.

Pada kesempatan ini dr. Dimple membagikan tips menangani Si Kecil yang pilek batuk, tanpa memberikan obat.

“Saat anak batuk pilek, ibu tidak perlu terburu-buru memberikannya obat atau membawanya ke dokter. Karena pilek batuk merupakan sakit yang dapat sembuh dengan meningkatkan imunitas tubuhnya. Pertama-tama ibu bisa memberikan ramuan herbal, seperti air jahe hangat.” Ujar dr. Dimple.

Melengkapi sisi medis dari dr. Dimple, psikolog Tara de Thouars memberikan kekuatan psikologis kepada para ibu. Menurutnya ada tiga hal yang membuat ibu panik saat anak sakit. Yang petama karena ketidakmampuan, kedua karena rasa cemas yang berlebih, dan yang ketiga munculnya perasaan bersalah.

“Saat anak sakit, ibu jangan panik. Selalu berusaha tenang dan tidak memikirkan kemungkinan terburuk.” Kata Tara di depan ibu-ibu yang hadir di event Kids 911 Survival Kits.

Saat anak tiba-tiba sakit penting bagi ibu untuk bersikap tenang. Karena kondisi psikologis Si Kecil akan lebih baik ketika melihat orang tuanya tenang dan tidak panik. Jika ibu masih dalam kondisi panik saat Si Kecil sakit, cara mudah untuk mengatasinya adalah dengan breathing. Sebuah latihan pernapasan yang bertujuan untuk membuat tubuh lebih relaks.

Pengalaman dalam Kids 911 Survival Kits ini juga menjadi hal baru bagi selebgram yang turut hadir. Fifi Alvianto (@fifialvianto), Vendryana (@vendryana), dan Cinta Ruhama Amel (@mamaofsnow) juga turut membagi kisahnya selama mengurus Si Kecil. Mereka juga bercerita memiliki rasa khawatir yang sama seperti ibu-ibu lain rasakan saat anak sakit.

“Saat Si Kecil batuk pilek, pertama saya berikan dia rebusan air jahe yang hangat. Saya juga selalu menyediakan Transpulmin, untuk saya oleskan di bagian dada, punggung, dan leher Si Kecil agar batuk pileknya mereda.” Kata Vendryana kepada para ibu dan narasumber.

Selain mendapat pengetahuan baru, tamu yang datang juga mendapat hiburan yang tak kalah seru. Usai talkshow dan sesi tanya jawab yang akrab antara ibu dengan narasumber, sebagai penutup para ibu mendapat kesempatan Pouch Painting Workshop yang hasilnya dapat dibawa pulang.

Kembali ke Kumpulan Artikel