Atasi Demam Si Kecil Tanpa Antibiotik

November 9, 2018

Demam bisa menyerang siapa saja, terlebih pada Si Kecil yang masih bayi. Saat badan bayi terasa panas, ibu tidak perlu terburu – buru membawanya ke dokter. Karena ada kalanya demam pada bayi itu suatu hal yang normal dan ibu bisa jadi “dokter” untuk menanganinya sendiri di rumah.

Demam sebenarnya adalah suatu gejala. Demam pada Si kecil menandakan tubuhnya sedang melawan penyakit. Dalam dunia medis, bayi dikatakan mengalami demam apabila suhu tubuhnya mencapai 38°C atau lebih. Perlu ibu ketahui juga, suhu bayi normal berada di kisaran 36° – 37.9°C.

Untuk memastikan apakah bayi dalam keadaan demam atau tidak, ibu perlu memeriksanya dengan termometer. Karena jika ibu mendiagnosa bayi demam hanya dengan sentuhan tangan, tindakan tersebut tidaklah akurat bu. Ukurlah suhu tubuh bayi menggunakan termometer di bagian mulut, ketiak, telinga, atau anus.

Ada beragam penyebab bayi terserang demam diantaranya infeksi, radang, dehidrasi, dan faktor lingkungan.

Antibiotik bukanlah solusi untuk meredakan demam. Untuk menangani demam Si kecil, pertama-tama ibu bisa mengkompres Si Kecil dengan air hangat. Jika demamnya di atas suhu 38°C ibu bisa memberikan Si Kecil obat demam. Kemudian ibu lihat perkembangan kesehatannya, jika dalam 3 hari demam tidak sembuh, segera bawa ke dokter.

Demam bisa memicu pilek dan batuk. Saat Si kecil terserang pilek dan batuk, balurkan Transpulmin kemasan BARU. Balurkan di bagian dada, punggung, dan leher. Hangatnya Transpulmin buat Si Kecil lebih relaks saat pilek dan batuk. Transpulmin tersedia dalam dua varian. Transpulmin Baby untuk Si Kecil usia 0 bulan – 2 tahun. Transpulmin Kids untuk Si kecil berusia 2 tahun ke atas.

Kembali ke Kumpulan Artikel