5 Perbedaan Penyebab Pilek Batuk Karena Infeksi dan Alergi

October 12, 2018

Perubahan cuaca semakin tidak terprediksi ya, Bu. Hari ini panas terik tapi mendadak bisa berubah menjadi hujan yang begitu deras disertai angin dingin yang kencang.

Musim pancaroba seperti ini sangat rentan bagi Si Kecil terserang pilek batuk. Karena daya tahan tubuhnya yang masih dalam masa pertumbuhan, belum mampu beradaptasi dengan cuaca dengan cepat. Namun, saat Si Kecil terserang pilek batuk di musim pancaroba apakah itu disebabkan oleh alergi udara? Atau karena virus?

Menurut dr. Dimple Nagrani Sp.A, pilek batuk bisa disebabkan oleh alergi atau infeksi. Alergi dan infeksi memiliki tanda-tanda yang berbeda, diantaranya:

  1. Penyebab

Pilek batuk karena alergi yang dialami SI Kecil akan muncul setiap kali Si Kecil terpapar dengan penyebab alergi tersebut (misalnya: debu). Gejala batuk pilek akan membaik dan menghilang apabila faktor penyebab dihilangkan.

Sebaliknya, pilek batuk yang disebabkan karena infeksi biasa terjadi karena penularan dari orang dewasa atau anak lain di sekitarnya.

  1. Pola Gejala

Si Kecil yang memiliki rhinitis alergi sering mengalami gejala batuk pada pagi hari, dan gejala batuk akan tampak membaik pada siang hari.

Sedangkan Si Kecil yang mengalami pilek batuk akibat infeksi akan mengalami gejala batuk yang sama beratnya sepanjang hari.

  1. Warna Secret Hidung

Secret hidung pada si kecil yang batuk karena alergi biasanya berwarna bening.

Sedangkan Si kecil yang batuk karena infeksi, secret hidung berwarna kuning kehijauan.

  1. Gejala Demam

Si Kecil yang mengalami pilek batuk karena infeksi seringkali mengalami gejala demam. Sebaliknya, demam tidak dialami oleh Si Kecil yang alergi.

  1. Gejala Lain

Si Kecil yang alergi akan sering mengalami gejala bersin-bersin, mata merah, gatal dan berair. Gejala seperti ini jarang sekali ditemukan pada Si Kecil yang infeksi.

Saat Si kecil mengalami pilek batuk, balurkan Transpulmin kemasan BARU. Tampil dengan kemasan lebih ceria, memiliki khasiat yang tetap sama untuk meredakan pilek dan batuk. kini Transpulmin hadir dengan dua kemasan baru, Transpulmin Baby untuk anak dibawah usia 2 tahun, dan Transpulmin Kids untuk anak diatas 2 tahun. Terbuat dari bahan-bahan alami, Transpulmin dapat digunakan untuk anak dan direkomendasikan oleh para ahli kesehatan. Tersedia di berbagai apotek, toko obat, baby shop serta di berbagai online store.

Jadi pastikan #SelaluAdaTranspulmin untuk membantu melegakan nafasnya dan mengembalikan ceria si Kecil ya Bu

Kembali ke Kumpulan Artikel